Prestasi SD Negeri Poncoruso keluar sebagai Juara 1 Lomba Cerdas Cermat (LCC) tingkat SD/MI se-Kecamatan Bawen di Aula Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Bawen, Selasa (15/01/2019).
Sekolah Dasar Negeri di sebuah desa paling ujung barat Kecamatan Bawen dan berbatasan langsung dengan Kecamatan Bandungan, Desa Poncoruso ini keluar sebagai Juara 1 setelah berhasil mengalahkan lawan-lawannya.
Sedangkan juara kedua diraih oleh SDIT Permata Bunda Bawen dan juara ketiga SDK Harjosari.

Dalam sambutannya Ketua Panitia LCC Tingkat Kecamatan Bawen, Agustinus Wardi, S.Pd., M.Si mengatakan, pelaksanaan LCC tahun 2019 ini diikuti oleh 25 SD/MI Negeri/Swasta se-kecamatan Bawen untuk seleksi mendapatkan yang terbaik wakil kecamatan Bawen ke tingkat kabupaten semarang, jelas Agustinus Wardi sebelum penyerahan piala.
Penyerahan piala diberikan langsung oleh Drs. Rohmad, M.Pd selaku Ketua Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Bawen, sedangkan uang pembinaan diserahkan oleh Dra. Ani Adibatin, M.Si selaku Pengawas TK/SD.

Kepala SDN Poncoruso, ARM. Sih Istiyah, S.Pd mengatakan, pihaknya sangat bersyukur bisa meraih prestasi terbaik dan ini adalah prestasi yang sungguh luar biasa.
Prestasi ini diraih bukan dengan cara instan, namun berkat kerja keras yang melewati proses cukup lama.
“Kami persiapkan jauh-jauh hari Tim LCC SDN Poncoruso dengan berbagai materi pelajaran secara intensif. Dan kami bersyukur, bisa meraih yang terbaik,” ujar Ibu ARM. Sih Istiyah, S.Pd ketika ditemui di ruang kepala sekolah SDN Poncoruso, Rabu (16/01/2019).
Beliau menambahkan, guru pembimbing LCC SDN Poncoruso, Sujono Yusuf, S.Pd dan Yovita Ema Risma Dewi, sedang Tim LCC  yang berlaga, terdiri dari tiga siswa antara lain Melinda Dwi Agustin, Khoirul Wasi'ah dan Muhammad Padang Pinayungan.

“Untuk juru bicaranya, Melinda Dwi Agustin. Semuanya masih duduk di kelas V. Sebelum lomba, mereka dilatih soal-soal setelah jam pelajaran usai sampai sore. Kadang-kadang juga malam hari di rumah bapak guru pembimbingnya. Materi yang dilatihkan adalah pelajaran dari  kelas 4, 5 dan 6,”  katanya.

ARM. Sih Istiyah, S.Pd juga menginformasikan, dalam lomba OSN Matematika Tingkat Kecamatan Bawen tahun 2019 ini, SDN Poncoruso atas nama Melinda Dwi Agustin juga baru saja meraih Juara 2 yang dilaksanakan sehari sebelumnya di SDN Lemahireng 01/02, Senin (14/01/2019). Siswa kami juga akan mewakili kecamatan Bawen untuk maju ke tingkat kabupaten Semarang dalam lomba OSN Matematika bersama teman rivalnya yang meraih Juara 1 dari SDN Doplang 02, (TNP).