Jumat, 06 Maret 2020

SDN PONCORUSO | Bimbingan Teknis bagi Sekolah Sasaran Pengembangan Model Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Rapor Mutu Provinsi Jawa Tengah Jenjang SD, SMP, SMA dan SMK Angkatan II Tahun 2020

Team News_SD Negeri Poncoruso Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang menjadi salah satu peserta pada Bimbingan Teknis bagi Sekolah Sasaran Pengembangan Model Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Rapor Mutu Provinsi Jawa Tengah Jenjang SD, SMP, SMA dan SMK Angkatan II, yang dilaksanakan di LPMP Jawa Tengah Tanggal 3 s.d 5 Maret 2020. "Kami bersyukur mendapat kesempatan untuk mengikuti kegiatan tersebut. Sebuah Sekolah Dasar Negeri di daerah pedesaan yang mewakili jenjang SD Kabupaten Semarang melalui Surat Tugas dari Disdikbudpora Kabupaten Semarang untuk mengikuti Bimbingan Teknis, menimba ilmu tentang Penjaminan Mutu Pendidikan yang diselenggaakan oleh LPMP Jawa Tengah yang diikuti 35 Kab/Kota se-Provinsi Jawa Tengah tersebut", Kata Bapak Sumardi, S.Pd., M.M (Kepala SD Negeri Poncoruso).

Tujuan diselenggarakan Bimtek tersebut adalah untuk memfasilitasi satuan pendidikan dalam memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP) berbasis Rapor Mutu. Dalam kegiatan tersebut diharapkan terlaksananya Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Internal (SMPI) pada satuan pendidikan, pendampingan 5 tahap siklus SPMI secara utuh, serta mendampingi Tim Penjamin Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) dalam melaksanakan tugasnya.

Foto bersama Kepala Sekolah SDN Poncoruso dan TPMPS dengan widyaiswara LPMP Jateng

Kegiatan ini diikuti oleh Jenjang SD, SMP, SMA dan SMK se-Provinsi Jawa Tengah dengan jumlah masing-masing satuan pendidikan 2 orang yaitu Kepala Sekolah dan Ketua TPMPS. SD Negeri Poncoruso sebagai Kepala Sekolah Beliau Bapak Sumardi, S.Pd., M.M dan Ketua TPMPS diwakili oleh Sujono Yusuf, S.Pd.

Sebagai pembimbing/narasumber dalam kegiatan ini untuk jenjang SD yaitu Beliau Bapak Drs. Sri Wasono Widodo, M.Pd dan Ibu Dr. Mulida Hadrina Harjanti. Semua peserta Bimtek berlatih menyusun SPMI masing-masing satuan pendidikan, termasuk kami dengan 5 tahap siklus yang ada, berdasarkan capaian rapor mutu tahun sebelumnya, tentunya dengan bimbingan beliau berdua widyaiswara LPMP Jawa Tengah. Menurut Narsumber, kunci sukses pengembangan sekolah SPMI ada 7 hal antara lain:

  1. Komitmen manajemen dan kepemimpinan (management commitment and leadership)
  2. Perbaikan yang berkelanjutan (continous improvement)
  3. Berorientasi pada kepuasan pengguna layanan secara menyeluruh (total customer satisfaction)
  4. Keterlibatan aktif pendidik dan tenaga kependidikan (employee involvement)
  5. Pelatihan (training)
  6. Komunikasi (communication)
  7. Kerjasama (teamwork)


 Foto bersama seluruh peserta dari 17 Kab/Kota Bimtek angkatan II dengan widyaiswara LPMP Jawa Tengah

Dengan mengimplementasikan 7 kunci sukses tersebut SD Negeri Poncoruso mudah-mudahan bisa melaksanakan tugasnya menjadi sekolah SPMI, sekolah yang mampu dan berkomitmen untuk menerapkan sistem penjaminan mutu pendidikan, sekolah yang meningkatkan mutu secara berkelanjutan dan terukur sesuai Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan akhirnya menjadi sekolah yang memiliki budaya mutu.

Pasca Bimtek, TPMPS bersama Kepala Sekolah wajib mensosialisasikan kepada warga sekolah dan pemangku kepentingan terkait, antara lain: Pengawas, Komite Sekolah, Pendidik dan Tenaga Kependidikan. SD Negeri Poncoruso akan melaksanakan sosialisasi besok Rabu, 11 Maret 2020 sesuai RTL yang sudah disepakati dengan pembimbing dari LPMP Jawa Tengah.

Tidak hanya berhenti disini, tetapi LPMP Jawa Tengah juga akan melaksanakan 3 kali pendampingan. Sesuai dengan RTL yang telah disepakati, SD Negeri Poncoruso dengan mengangkat akar masalah Dimensi Pengetahuan yang Masih Rendah, pihak LPMP akan mengadakan kegiatan pendampingan.
  1. Pendampingan Pertama, Kegiatan Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran. Sasaran kegiatan ini adalah semua guru SDN Poncoruso, dengan narasumber Ibu Dra. Ani Adibatin, M.Si (Pengawas TK/SD Korwilcam Bawen). Rencana Pelaksanaan Minggu Ke-4 Bulan Maret 2020.
  2. Pendampingan Kedua, Kegiatan In House Training (IHT) Teknik penilaian yang objektif dan akuntabel untuk menilai aspek pengetahuan yang interaktif secara online. Sasaran kegiatan ini adalah semua guru SDN Poncoruso, dengan narasumber (Guru SDN Poncoruso).
    Rencana Pelaksanaan Minggu Ke-3 Bulan April 2020.
  3. Pendampingan Ketiga, Kegiatan Workshop Pengembangan Kurikulum yang Melibatkan Pemangku Kepentingan dan Membangun Kemitraan dengan Pihak Terkait. Sasaran kegiatan ini adalah semua warga sekolah SDN Poncoruso, dengan narasumber (Pengawas TK/SD Korwilcam Bawen). Rencana Pelaksanaan Minggu Ke-2 Bulan Juni 2020.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan sungkan untuk mengisi kolom komentar di bawah ini.