Minggu, 24 November 2019

Juara 3 Lomba Olimpiade Matematika Berbasis Online | HUT KE-74 PGRI dan HGN Tahun 2019 Tingkat Kecamatan Bawen

SDN Poncoruso - keluar sebagai juara 3 Lomba Olimpiade Matematika Berbasis online bagi siswa SD/MI se-Kecamatan Bawen.

BAWEN-Peringatan HUT Ke-74 PGRI dan Hari Guru Nasional Tahun 2019 Tingkat Kecamatan Bawen diperingati dengan meriah di halaman Kantor Kecamatan Bawen. Acara Apel Pagi dan Jalan Sehat yang digelar PGRI Cabang Bawen itu diikuti guru PAUD/TK/RA/SD/MI/SMP/SMK se-Kecamatan Bawen. Dalam keterangannya Ketua PGRI Cabang Bawen, Koes Darmono, S.Pd mengungkapkan bahwa rangkaian kegiatan dilaksanakan mulai dari tanggal 13 s.d 20 November 2019 dengan berbagai jenis perlombaan.
“Selain mengikuti agenda kegiatan dari PB PGRI, PGRI Provinsi Jawa Tengah dan PGRI Kabupaten Semarang, PGRI Cabang Bawen juga mengadakan berbagai kegiatan, diantaranya: Lomba Menulis Opini Pendidikan bagi guru, Pemberian Anugerah GTT/PTT Inspiratif, Lomba Olimpiade Matematika Berbasis Online bagi Siswa SD/MI, Lomba Mewarnai bagi Kelompok PAUD/TK/RA dan puncaknya adalah Apel Pagi dan Jalan Sehat bagi semua anggota PGRI Cabang Bawen” ungkapnya.
Segenap panitia serta peserta tampak sangat siap dengan raut wajah riang gembira. Sebuah panggung didirikan di halaman kantor Kecamatan Bawen yang akan dipakai untuk ajang pentas menyanyi para guru yang diiringi keyboard Galih Yanuar. Hadir pula dalam acara ini adalah mantan Ketua PGRI Cabang Bawen Bapak Sumbodo, S.Pd., M.Pd yang sekaligus Kabid PTK Disdikbudpora Kabupaten Semarang dan Forkompincam Bawen.

Panggung juga diramaikan aksi pemandu senam aerobic yang mempesona dari Guru PJOK SDN Kandangan 03, Ibu Rita Novianti beserta putrinya seusai Apel Pagi sebagai pemanasan untuk melanjutkan acara berikutnya yaitu Jalan Sehat.
Aksi menawan dan mempesona pemandu senam aerobic kecil putri Ibu Rita Novianti.

Sebagai Pembina Apel adalah beliau Bapak Subagiyo Santoso, S.Pd., S.Pd.I., M.Pd Pengurus PGRI Kabupaten Semarang. Dalam sambutannya beliau memberikan apresiasi kepada PGRI Cabang Bawen yang telah mempersiapkan sehingga terselenggaranya berbagai kegiatan tersebut. Beliau juga memberikan informasi bahwa Apel Pagi dan Jalan Sehat Tingkat Kabupaten Semarang dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 November 2019 di Lapangan Kesongo, Tuntang dan malam harinya sarasehan dan syukuran HUT Ke-74 PGRI dan Hari Guru Nasional Tahun 2019 dengan Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk di SMKN 1 Jambu Dalang Ki Hadi Widodo dari Magelang yang InsyaAllah akan dihadiri pula Bupati Semarang dr H Mundjirin ES, SpOG.

Dalam acara Apel Pagi tersebut juga diberikan kenang-kenangan kepada para guru yang telah purna tugas atau pensiun. “Pemberian tali asih kepada 13 guru purna tugas ini rutin dilakukan setiap tahunnya, untuk menghargai jasa-jasa beliau” imbuh Koes Darmono, S.Pd.

Dilanjutkan, pemberian Trofi Kejuaraan dan sertifikat berbagai perlombaan, diantaranya:

Pertama, Lomba Olimpiade Matematika Berbasis online bagi siswa SD/MI diraih oleh Ahmad Matin Naf'an dari SDIT Permata Bunda sebagai juara 1, Widya Indra Agustin dari SDN Polosiri 02 sebagai juara 2 dan Melinda Dwi Agustin dari SDN Poncoruso sebagai juara 3.
Melinda Dwi Agustin foto bersama Bapak Ibu Guru SDN Poncoruso usai menerima trofi kejuaraan dan sertifikat.

Kedua, Lomba Mewarnai Kelompok TK/RA diraih oleh Avara S. dari TK Pelita Sejahtera sebagai juara 1, Theodore M. dari TK Koronka sebagai juara 2 dan Azalea Faiz M. dari TK At Taslimiyyah sebagai juara 3.

Ketiga, Lomba Mewarnai Kelompok PAUD diraih oleh Naila A. dari PAUD Perbun sebagai juara 1, Kaisa Atika dari KB Margo Rahayu sebagai juara 2 dan Inara Khainara dari KB Budi Luhur sebagai juara 3.

Keempat, Lomba Menulis Opini Pendidikan bagi guru  TK/RA/SD/MI/SMP/SMK se-Kecamatan Bawen, sebagai salah satu program "Gerakan Guru Menulis" yang pendaftaran dan artikel diunggah melalui online. Trofi beserta sertifikat diserahkan langsung oleh Kabid PTK Disdikbudpora Kabupaten Semarang, beliau Bapak Sumbodo, S.Pd. M.Pd., kepada Heri Kristantoro Guru SMPN 2 Bawen sebagai juara 1, Tri Rochayati Guru SDN Doplang 02 sebagai juara 2 dan R. Agung Ritanto juga Guru SMPN 2 Bawen sebagai juara 3.

Pemberian Anugerah GTT/PTT Inspiratif Tahun 2019 diberikan kepada Eko Sri Lestari, S.Pd (Guru SDN Harjosari 01) yang sudah bekerja sebagai GTT dengan masa kerja 15 tahun.

Saat memberikan sambutan, Sumbodo, S.Pd., M.Pd. mengingatkan kepada para guru untuk mengikuti jalan sehat sampai akhir acara sebagai bentuk tanggungjawab guru yang telah meninggalkan anak didiknya untuk hari ini mengikuti Peringatan HUT KE-74 PGRI dan Hari Guru Nasional Tahun 2019 Tingkat Kecamatan Bawen.

Pelepasan peserta jalan santai ditandai dengan pengibaran bendera oleh Korwilcam Bidang Pendidikan Kecamatan Bawen Beliau Bapak Drs. Rohmad, M.Pd didampingi oleh Ketua PGRI Cabang Bawen Bapak Koes Darmono, S.Pd.

Bedanya, peringatan HUT PGRI tahun ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya adalah adanya Lomba Olimpiade Matematika Berbasis online bagi siswa SD/MI. Lomba yang dikoordinatori beliau Bapak Riyanto, S.Pd, Sujono Yusuf, S.Pd dan Indrat Joko Winarno, S.Pd. dalam keterangannya menjelaskan, Lomba dengan soal berbasis online merupakan sebuah terobosan baru dan pertama kalinya diadakan oleh PGRI Cabang Bawen. Soal berbasis online sudah diterapkan dalam Lomba MAPSI Ke-22 Cabang Lomba Cerdas Cermat Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019. Keuntungan dari lomba berbasis online ini adalah panitia tidak perlu menggandakan soal. Kelebihan lain, panitia tidak perlu memeriksa hasil lomba satu demi satu, karena hasil langsung dapat dilihat lewat server internet. Tentunya hal ini dapat mengefisiensikan biaya anggaran. Dalam kegiatan tersebut juga dikenalkan sebuah permainan kuis KAHOOT kepada para siswa oleh panitia, juga sebagai pengecekan koneksi internet yang dipergunakan para peserta sebelum dimulai lomba.
Suasana Lomba Olimpiade Matematika Berbasis online bagi siswa SD/MI Tingkat Kecamatan Bawen.

Panitia wawancarai para pemenang permainan kuis KAHOOT sebelum lomba dimulai.

Foto bersama para pemenang permainan kuis KAHOOT dengan Panitia dan Korwilcam Bidang Pendidikan Kecamatan Bawen Drs. Rohmad, M.Pd.

Di akhir acara jalan sehat adalah pembagian doorprize, beberapa perwakilan guru dari PGRI ranting juga ikut menyumbangkan suara emasnya dalam acara yang berlangsung semarak itu. (Panitia). 

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan sungkan untuk mengisi kolom komentar di bawah ini.